Ikuti Kami :
Ikuti Kami :
DIGITAL SCHOOL
SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PADANG
Home Informasi Article & Creativity | SD

MAJAS = Gaya Bahasa

Daftin - 02 Maret 2021
Total Dilihat : 665
Share Via :

Pada artikel ini menjelaskan tentang majas yang mencakup pengertian, jenis, dan contohnya.

Pengertian majas adalah salah satu bentuk gaya bahasa untuk mendapatkan suasana dalam sebuah kalimat agar semakin hidup. Majas dapat menjadi ungkapan yang bisa menghidupkan suatu kalimat, dan majas juga melakukan penyimpangan dari makna dari suatu kata yang biasa digunakan.

Ada beberapa jenis majas yang akan dibahas dalam artikel ini sebagai berikut : 

1. Majas Personifikasi adalah jenis majas yang memberikan sifat manusia terhadap sesuatu yang bukan manusia seperti benda mati, makhluk hidup dan benda alam pada umumnya.
Contohnya: “Matahari pagi menatapku dengan lembut”. Artinya, kata menatapku bermakna hidup seperti manusia yaitu indra penglihatan sedangkan dalam kenyataannya matahari tidak melihat.
Contoh lainnya adalah “Burung-burung bernyanyi, begitu merdu”. Artinya bernyanyi bermakna hidup seperti manusia yaitu mengeluarkan suara dengan kata-kata yang jelas, sedangkan dalam kenyataannya burung tidak bernyanyi, tetapi mengeluarkan suara yang merdu. 

2. Majas Ironi disebut juga dengan majas sindiran, adalah majas dipakai untuk menyindir seseorang, baik perkataan maupun perbuatannya, menggunakan kata- kata yang sangat keras pada umumnya digunakan untuk mengkritik dan menyindir secara halus menggunakan kata-kata yang bertentangan dengan makna sebenarnya, yang mana tujuannya adalah ketika pembaca atau orang yang dituju bisa merubah sikap melalui majas tersebut.
Contohnya : “Aku tidak sudi melihat wajahmu yang tampan itu lagi”.
“Ia terlalu pintar sampai tidak dapat membedakan pintu keluar dan pintu masuk”.

3. Majas Perumpamaan
yaitu bahasa kias yang menggunakan kata-kata perumpamaan secara langsung seperti, “laksana”, “umpama”, “bagaikan”. Penggunaan majas ini untuk mengumpamakan sesuatu dengan sesuatu yang lain.
Contohnya: “Wataknya sangat keras bagaikan batu”. Artinya, pendiriannya kuat.
“Semangatnya bagaikan api yang berkobar-kobar”. Artinya semangatnya sangat tinggi.

Dari jenis majas di atas yang paling menarik yaitu majas personifikasi karena dapat menggambarkan karakter atau sifat manusia. Oleh karena itu, di kehidupan sehari-hari majas personifikasi sering kita digunakan.


Sumber :
https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-jenis-dan-contoh-majas
https://haloedukasi.com/macam-majas-sindiran
https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/982/majas-personifikasi
http://punyalurjaf.blogspot.com/2014/02/makalah-bahasa-indonesiamajasgaya.html?m=1


KOMENTAR
Berikan Komentar
Belum ada Komentar
Informasi Terkait