Ikuti Kami :
Ikuti Kami :
DIGITAL SCHOOL
SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PADANG
Home Informasi Student Articles & Artwork | SMP

Apa itu Pameran Seni Rupa?

Daftin - 24 Februari 2021
Total Dilihat : 478
Share Via :

Pameran Seni Rupa

Dalam Pengertian yang lebih luas pameran merupakan kegiatan pertunjukkan sesuatu kepada orang lain agar mendapat tanggapan dan penilaian.

Berdasarkan jenisnya pameran dapat digolongkan menjadi 2 , yaitu 

  1. Pameran Umum

pameran yang diselenggarakan oleh masyarakat luas. Karena pameran ini bersifat umum, maka siapapun bisa menyelenggarakan, misalnya seniman atau instansi

  1. Pameran Khusus

pameran ini biasanya diselenggarakan oleh kalangan tertentu, misalnya sekolah mengadakan pameran kelas dan sekolah. Kegiatan pameran kelas atau sekolah merupakan bagian dari proses pembelajaran peserta didik dalam bidang pendidikan seni rupa 


Pameran pun dapat dibedakan berdasarkan jenis karya yaitu 1. Pameran Homogen, pameran homogen mempertunjukkan satu jenis karya saja contoh SMP Kristen Kalam Kudus Padang mengadakan pameran seni lukis. 2. Pameran Khusus, dalam pameran ini banyak jenis karya yang dipertunjukkan buakan hanya lukisan tetapi juga ada patung, karya seni kriya dana lain-lain.

Tujuan utama pameran adalah menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak ramai serta untuk mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan. Selain itu, adapun beberapa tujuan pameran adalah sebagai berikut:

  • Tujuan Komersial, Yaitu suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga para seniman dan  penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.

  • Tujuan Pendidikan, kegiatan pameran untuk tujuan pendidikan untuk memperoleh apresiasi dari masyarakat atau pengunjung terhadap hasil karya seni yang sudah disciptakan guna meningkatkan kualitas hasil karya selanjutanya

  • Tujuan Sosial, Kegiatan pameran untuk tujuan sosial adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket maupun produk dalam pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.


    Pada saat kita mengadakan suatu pameran banyak sekali manfaat yang kita peroleh yaitu sebagai media ekspresi diri, sebgai media komunikasi untuk pengembangan bakat, sebagai media apresiasi, dapat melatih untuk berkerjasama dengan orang lain, melatih sikap mandiri dan tanggung jawab, dapat membangkitkan motivasi, dapat menghilangkan stress dan kejenuhan.


KOMENTAR
Berikan Komentar
Belum ada Komentar
Informasi Terkait