Ikuti Kami :
Ikuti Kami :
DIGITAL SCHOOL
SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PADANG
Home Informasi Student Articles & Artwork | SMP

Teks Drama

Daftin - 24 September 2021
Total Dilihat : 452
Share Via :

TEKS DRAMA (Oleh : Bu Rohani Sitepu)


Struktur Teks Drama :

1.) Prolog => biasanya disebut juga bagian pembuka. Pembuka ini dapat berupa narasi yang dibacakan oleh narator apabila drama ini dipentaskan nantinya.

2.) DIalog => biasanya dialog ini berupa percakapan antara beberapa tokoh. Dialog sendiri mempunyai struktur sendiri, diantaranya antara lain adalah

     a. Orientasi : bagian awal permasalahan, kejadian awal kenapa konflik bisa muncul, atau juga dimulai dengan memperkenalkan suasana sekitar.
     b. Konflik : bagian puncak dimana merupakan bagian pusatnya dari permasalahan yang ada.
     c. Resolusi : akhir yang sering kali diasumsikan sebagai bagian dimana setelah konflik dijelaskan apa yang selanjutnya terjadi pada tokoh tersebut.

3.) Epilog => disebut juga penutup atau akhir. Narator akan memberikan narasi kembali berkenaan dengan amanat cerita drama tersebut biasanya.


Kaidah Kebahasaan Teks Drama :

1.) Menggunakan kata-kata yang mengungkapkan deret waktu (dalam urutan kronologis), seperti : sebelum, sekarang, setelah, pertama, kemudian.

2.) Menggunakan verba untuk mendeskripsikan suatu peristiwa yang terjadi, seperti : menugaskan, menggantikan, menyingkirkan, menghadap, bercengkrama.

3.) Menggunakan verba untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan atau dirasakan karakter, seperti : merasa, ingin, mengharapkan, menginginkan, mengalami.

4.) Menggunakan bahasa deskriptif untuk mendeskripsikan orang, tempat atau suasana, misalnya : kotor, rapi, bengis, maskulin, feminine, dsb.




[ Sumber :  https://brainly.co.id/tugas/14926353 ]


KOMENTAR
Berikan Komentar
Belum ada Komentar
Informasi Terkait