Ikuti Kami :
Ikuti Kami :
DIGITAL SCHOOL
SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PADANG
Home Informasi Student Articles & Artwork | SMP

Mengetahui tentang Teks Ulasan

Daftin - 06 April 2021
Total Dilihat : 572
Share Via :

Penjelasan Teks Ulasan (oleh : Ibu Rohani Sitepu)



* Pembahasan

Teks ulasan adalah teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain, yang penafsirannya ditujukan untuk kepentingan orang lain.

* Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan 1. Menggunakan konjungsi penerang : bahwa, yakni, yaitu 2. Menggunakan konjungsi temporal : sejak, semenjak, kemudian, akhirnya 3. Menggunakan konjungsi penyebab : karena, sebab 4. Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks : jangan, harus, hendaknya

* Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan merupakan susunan yang membangun sebuah teks ulasan sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa hal berikut:

* Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama atau utama yang menerangkan terkait gambaran umum pada suatu karya film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya yang nantinya akan dibahas. Pada bagian orientasi ini akan memberikan penjelasan terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas dalam teks ulasan.

* Tafsiran

Tafsiran merupakan bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan lain-lain.

* Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang isinya berupa pandangan dari penulis terkait hasil karya yang akan diulas. Evaluasi ini dikerjakan selepas pengulas mengerjakan tafsiran dengan cukup pada hasil karya itu sendiri. Di bagian evaluasi ini juga akan disebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya itu maupun bagian yang kekurangan dari karya tersebut.

* Rangkuman

Rangkuman merupakan suatu bagian yang isinya berupa kesimpulan dari ulasan pada sebuah karya. Bagian rangkuman ini juga turut memuat komentar si penulis, apakah hasil karya itu memiliki kualitas bagus atau tidak untuk ditonton atau dibaca.



Terima kasih telah membaca artikel di atas :) Terus pantau artikel kita yang terbaru selanjutnya ya...


KOMENTAR
Berikan Komentar
Oleh Grace Liana Gunawan 09 April 2021
Wowww..Informasi tentang teks ulasannya sangat membantu dan jelasπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ˜πŸ˜
Oleh Rohani 09 April 2021
Semoga bermanfaat bagi kita
Oleh Oktaviani 08 April 2021
Belajar banyak dari Bahasa Indonesia 😎😎 Terus asa kemampuan menulis
Oleh Nicholas Valentino 08 April 2021
Waw sangat bermanfaat
Oleh Yehezkiel Syallom Tedanta 08 April 2021
Kita dapat tahu tentang struktur teks ulasan dan kaidah bahasanya
Oleh Chantika kimberly pontoh 07 April 2021
Kita dapat mengetahui tentang pengertian dan struktur serta kebahasaan tek ulasan
Informasi Terkait