Ikuti Kami :
Ikuti Kami :
DIGITAL SCHOOL
SEKOLAH KRISTEN KALAM KUDUS PADANG
Home Informasi Devosi SMA

Larangan Dalam Perintah Ke Enam

Daftin - 31 Agustus 2022
Total Dilihat : 264
Share Via :

Devosi SMA : Rabu, 31 Agustus 2022

[ Larangan Dalam Perintah Ke Enam - Bagian 3 ]
Bacaan Alkitab : Amsal 12:18

      "Tongkat dan batu dapat menghancurkan tulangku, tetapi perkataan tidak akan dapat menyakitiku." Kadang-kadang orang mengatakannya untuk menghibur seseorang yang telah terluka oleh kata-kata yang tidak baik dari orang lain. Berapa pun usiamu, mungkin kamu menyadari bahwa pepatah singkat ini tidaklah benar. Paling tidak satu kali dalam hidup ini pasti pernah ada seseorang yang mengatakan sesuatu yang sangat menyakiti hatimu. 
       Firman Allah tidak menyetujui pepatah yang mengatakan bahwa perkataan tidak dapat menyakiti. Kita dapat membunuh seseorang dengan sebilah pedang dan langsung melanggar perintah untuk tidak membunuh. Tetapi kita juga dapat menikam seseorang dengan perkataan kita dan melanggar perintah ini dengan cara demikian. Kadang-kadang seseorang yang membenci orang lain dapat dengan sengaja berbohong mengenai orang itu atau mengolok-oloknya dengan julukan-julukan tertentu dengan maksud untuk menyakitinya.
      Perkataan di dalam ayat ini adalah "perkataan sembrono," kata-kata yang tidak dimaksudkan untuk kejahatan, tetapi hanyalah perkataan yang tidak semestinya. Mungkin kita tidak bermaksud untuk sengaja menyakiti seseorang dengan bercanda, tetapi itu ternyata menyakitinya. Mungkin kita tidak bermaksud untuk menyakitinya dengan menceritakan kepada orang lain apa yang kita dengar tentang dia, hal yang dia tidak ingin diketahui orang lain.
     Memang mudah mengeluarkan perkataan sembrono. Kita mengucapkan apa pun yang kita rasakan tanpa memikirkan akibat yang dapat kita timbulkan. Mungkin kita dapat menjaga perkataan kita jika kita mempertimbangkan bahwa apa yang kita katakan dapat menjadi bentuk "pembunuhan terselubung" jika melihat caranya menyakiti orang lain.     


Source : Renungan Keluarga berdasarkan Katekismus Singkat Westminster
              
Membentuk Hati - Mendidik Akal Budi | Starr Meade



Note : Tuliskan 1 pesan singkat yang kamu dapatkan dari devosi hari ini pada kolom komentar ini :)
Selamat beraktivitas & God bless all !


KOMENTAR
Berikan Komentar
Oleh Dian Febri Dwina Mendrofa 02 September 2022
Pesan singkat : Firman Allah tidak menyetujui pepatah yang mengatakan bahwa perkataan tidak dapat menyakiti.
Oleh Grace Liana Gunawan 31 Agustus 2022
Marilah kita mengualarkan kata-kata yang baik dari mulut kita.
Oleh aldolf utama 31 Agustus 2022
Firman Allah tidak menyetujui pepatah yang mengatakan bahwa perkataan tidak dapat menyakiti. Kita dapat membunuh seseorang dengan sebilah pedang dan langsung melanggar perintah untuk tidak membunuh.
Oleh Diah 31 Agustus 2022
Firman Allah tidak menyetujui pepatah yang mengatakan bahwa perkataan tidak dapat menyakiti. Kita dapat membunuh seseorang dengan sebilah pedang dan langsung melanggar perintah untuk tidak membunuh.
Oleh Diana Anugrah Gulo 31 Agustus 2022
Sebelum kita perbicara maka pikirkan sebelum perbicara sebab apa yang kita bicarakan apakah perkataan mu menyakiti hati orang lain/tidak.
Oleh Putri Dwi Prima Sembiring 31 Agustus 2022
Firman Allah tidak menyetujui pepatah yang mengatakan bahwa perkataan tidak dapat menyakiti.
Oleh Dian Febri Dwina Mendrofa 31 Agustus 2022
Pesan singkat : Biarlah kita selalu menjaga perkataan kita terhadap orang lain.
Oleh Nofiani 31 Agustus 2022
Firman Allah tidak menyetujui pepatah yang mengatakan bahwa perkataan tidak dapat menyakiti.
Informasi Terkait